Sunday, October 22, 2017
Lifestyle

Diamond CellularDiamond Cellular

Complete care for brilliant skin. For skin as brilliant as a diamond.

banner

 

 

pensiun tenang

Archives

 

 

Lifestyle
05
Tips Membangun Bisnis Clothing Line
 


Punya bisnis berbasis pakain atau bahan-bahan yang terbuat dari kain? Gimana bisnisnya? semakin berkembang tidak? jika masih gitu-gitu saja mungkin Anda perlu memperhatikan tips bagaimana kita membangunn bisnis clothing line berikut ini.

Menurut Risaldi Ramadana, pemilik dan founder clothing line Smith untuk memulai membangun bisnis ini setidaknya diperlukan tiga hal yaitu kreatifitas, nyalli yang tangguh, dan modal materi. Jika Anda sudah memiliki ketiganya maka selanjutnya yang kita cari adalah bagaimana bisa memproduksi barang itu.

Apabila Anda tidak mau memiliki tenaga kerja sendiri atau membeli alat-alat produksi sendiri maka kita bisa memanfaatkan jasa 'makloon' yakni orang yang menyediakan jasa untuk memproduksi produk Anda amat sangat dianjurkan. Jika Anda tinggal di Bandung maka banyak sekali jasa makloon diarea sekitar kampus ITB.

Selain itu produk harus dipikirkan konsepnya agar dapat diterima oleh pasar, kreatifitas diperlukan didisni untuk menjadikan produk Anda berbeda dengan yang lainnya. Quality control produk yang dihasilkan oleh makloon juga harus selalu dijaga kualitasnya sehingga tidak ada barang yang cacat yang masuk ketangan konsumen. Hal lainnya adalah memikirkan bagaimana packingnya. Pengemasan juga berpengaruh terhadap daya belu masyarakat.

Selanjutnya kita memikirkan bagaimana cara memasarkannya. produk clothing line biasanya target marketnya adalah anak muda yang berusia sekolah, kuliah hingga yang berusia di bawah 30 an.

Nah memasarkan produk ke anak muda itu susah-susah gampang. Harus punya strategi yang pas dan cocok dengan jiwa anak muda. Menurut Ramadana strategi lihat-pegang-pakai sangat sesuai dimana kita sebagai pemilik bisnis mencontohkan untuk memakai produk kita sendiri.

Yang penting lagi adalah kita harus memiliki guru yang siap mengajari kita. Role model orang yang telah sukses menjalankan bisnis ini diperlukan untuk bisa memberikan pendapat dan saran bagaimana mencapai sukses di bisnis clothing line.

Oh ya, terus action dan selalu berdiskusi dengan orang lain yang telah berjaya di bidang ini juga diperlukan. Dengan cara ini kita akan bisa belajar dan memetik pengalaman tanpa harus susah payah mengalaminya.

Terakhir adalah terus awasi kompetitor Anda. Belajar dari kompetitor adalah hal yang wajib dilakukan bagi pemilik bisnis. Siapa lagi yang dapat kita contek selain kompetitor, bener gak?

Yang penting proses pembelajarannya adalah dengan model ATM yakni Amati, Tiru dan Manipulasi. Sukses buat Anda :-)


 

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

Privacy Statement  |  Terms Of Use
Copyright © 2010 OktaBiz