Wednesday, November 22, 2017
Lifestyle

Optimals CleansingOptimals Cleansing

Enhancing your skin's natural beauty is as simple as choosing your favourite instantly refreshing Optimals cleanser.

banner

 

 

pensiun tenang

Archives

 

 

Lifestyle
05
Berbagai Macam Sakit Gigi Pada Anak
 

Buah hati sudah mulai menyukai makanan yang manis-manis? Hati-hati loh Bunda bisa-bisa tuh si kecil terkena sakit gigi. Repot kan jadinya, apalagi jika sakit giginya ini tak dirawat alhasil gangguan lainnya bisa terjadi loh.

Mau tahu kan macem-macem sakit gigi yang biasa menyerang anak-anak?

1. Gigi ngilu
Bukan hanya orang dewasa yang mengalami gigi ngilu, si kecil pun bisa kok. Gigi ngilu disebabkan oleh terbukanya lapisan luar gigi yang disebut sebagai dentin yang berujung pada syaraf gigi langsung terhubung dengan makanan. Alhasil saat anak mengkonsumsi makanan yang ekstrim seperti dingin, panas, atau asam gigi mereka pun terasa ngilu.

Banyak faktor yang menyebabkan lapisan dentin terkoyak antara lain cara menyikat gigi yang kurang benar, terjadinya plak, serta karies gigi. Pengobatannya adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif disertai dengan kumur menggunakan obat cuci mulut yang mengandung kalium sitrat dan flour. Jangan lupa ajari anak untuk menggosok gigi dengan benar ya Bund.

2. Karies Gigi
Karies gigi adalah istilah untuk gigi berlubang. Gigi berlubang yang dibiarkan bisa menyebabkan penyakit serius misalnya bakteri bisa masuk ek pembuluh darah dan aliran getah bening dimana kemudian hari dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Penyebabb karies gigi biasanya sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi, sehingga hal ini menimbulkan aktifitas mikroorganisme yang dapat merusak email gigi.

Pengobatan yang perlu dilakukan adalah pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali dan ajarkan anak untuk selalu menggosok gigi dua kali sehari terutama sebelum berangkat ke tempat tidur.

3. Gingivitis
Disebut juga gusi meradang dengan ditandai gusi yang berwarna merah dan membengkah. Pada dasarnya gingivitis disebabkan oleh aktifitas bakteri yang meningkat pada gigi sehingga terjadilah iritasi yang ditandai dengan gusi berwarna merah.

Cara mengatasi adalah dengan cara mengajarkan anak cara menggosok gigi dengan benar. Jangan lupa pergi ke dokter gigi untuk memberishkan plak yang ada di gigi anak.
 
 
Posted in: Kesehatan

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

Privacy Statement  |  Terms Of Use
Copyright © 2010 OktaBiz