Friday, August 22, 2014
Lifestyle

banner

 

 

pensiun tenang

Archives

 

 

Lifestyle
13

 

 
 
Daun Ceplukan? Apa itu?
 
Mungkin dari sebagian anda bertanya-tanya makhluk jenis apa ceplukan itu, ceplukan atau dalam bahasa ilmiahnya Physalis Peruviana adalah jenis tumbuhan semak berakar tunggang dan mempunyai batang tegak, segi empat, berkayu, lunak, hijau pucat dengan bunga tunggal, bentuk corong, berada di ketiak daun, kelopak yang saling berlekatan, bercangap lima, hijau, benang sari lima, tangkai sari kuning, kepala sari biru, putik satu, mahkota panjang 1-2,3 cm, berbulu, kuning pucat. Umumnya tanaman ini bisa dijumpai di persawahan, lereng gunung atau bukit, tumbuhan ini biasanya tumbuh disekitar semak belukar.
 
Lalu, apa kegunaan tumbuhan ini?
Kegunaan tumbuhan ini berkhasiat sebagai obat bengkak, peluruh air seni dan memperbaiki pencernaan pada anak-anak.
Tumbuhan yang memiliki karakter buah lonjong, terbungkus kelopak, dan manis ketika sudah matang ini juga berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang.
 
Lalu bagaimana cara meraciknya?
Untuk obat bengkak dipakai 5 lembar daun segar Physalis peruviana, dicuci, dipanaskan di atas api sampai layu, kemudian tempelkan pada luka bengkak dalam keadaan hangat.
 
Untuk sakit pinggang : petik daun cecendet / ceplukan  sebanyak 2 rantang untuk dijadikan 1 gelas, setelah dibersihkan lalu rebus sampai layu, setelah air godokan nya surut kira kira sampai menjadi satu gelas campurlah dengan madu (sebagian tidak perlu memakai madu), lalu minumlah. rasanya akan sangat pahit, jadi madu tersebut berguna sebagai pengurang rasa pahit tanpa mengurangi efek khasiat dari obatnya.
Cukup 2 kali minum (1 hari sekali ), insyaAlloh sakit pinggang anda cepat sembuh.
 
Semoga bermanfa’at

 

 

Posted in: Kesehatan

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

Privacy Statement  |  Terms Of Use
Copyright © 2010 OktaBiz